.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Tuesday, February 27, 2007

Demam

Demam adalah suatu pertanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh. Suhu tubuh meningkat dari keadaan normal menjadi lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 39 atau 40 derajat C.Biasanya kalo sedang demam sistem kekebalan tubuh akan membuat lebih banyak lekosit yang akan mengeluarkan zat penyebab demam dan zat-zat antibodi lain yang akan meningkat untuk membantu melawan infeksi. Karena demam memberikan tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan infeksi, maka kita tidak perlu khawatir dengan demam.



Biasanya kalau demam, kita sering merasa haus. Itu adalah pertanda kita mengalami dehidrasi.Ketika demam terjadi peningkatan penguapan cairan tubuh, sehingga tubuh memerlukan cairan lebih banya. Pada anak, usahakan memberikan minum yang lebih banyak. Jika panas tidak turun juga, pemberian obat penurun panas diperlukan. Pemberian obat turun panas berguna unutk menurunkan panas, bukan untuk menghilangkan demam. Lebih baik anak diberikan pakaian yang tipis, dan dikompres nenggunakan air hangat, jangan air dingin. Dan diusahakan anak ditempat yang banyak angin.
Yang perlu dikhawatirkan adalah apabila kemudian anak mengalami kejang (step). Jika demam diatas 40 derajat C, orangtua harus waspada, karena bias menyebabkan terjadinya kerusakan syaraf. Lebih baik orangtua mencari pertolongan dokter.

No comments: